Kamu tau?
Kamis, 29 September 2011
Jumat, 23 September 2011
Resume pert 3 - Schedule dan Mengirim Kalender di Outlook
- Klik menu calender disebelah kiri bawah
- Kemudian memilih tampilan kalender dalam bentuk harian (Daily), mingguan (Weekly) atau bulanan (Monthly)
- Jika tampilan bulanan akan membentuk kotak-kotak
- Klik kotak untuk memasukkan jadwal
- Pada kolom subject masukkan nama jadwal misalnya : Kuliah
- Kolom location adalah untuk menulis tempat jadwal akan dilaksanakan
- Start time : pilih jam kegiatan yang akan dilaksanakan dan End tima : selesai kegiatan tersebut
- Kita juga dapat mengkategorikan kegiatan tersebut kedalam bentuk warna dengan memilih "CATEGORIZE"
- Tambahkan menu "RECURRENCE Adalah untuk membuat jadwal kegiatan tersebut lebih dari sehari
- "Recurrence patern" adalah untuk memilih kegiatan akan dilaksanakan setiap hari, minggu atau setiap bulan
- "Range of Recurrence" adalah untuk menge-SET kapan kegiatan tersebut akan berlangsung (Periode)
- Pilih "NO END DATE" jika kegiatan akan berlangsung selamanya atau belum mengetahui berakhirnya, "END AFTER" untuk memasukkan banyaknya hari kegiatan dilaksanakan atau "END BY" untuk menentukan tanggal berakhirnya kegiatan.
- Pada kolom sebelah kiri terdapat menu pilihan : "SEND A CALENDER VIA EMAIL"
- Klik menu tersebut untuk mengirim kalender keteman
- menu "DATE RANGE" adalah untuk memasukkan seberapa lama hari yang akan kita kirimkan keteman
- Pilih today : untuk anya hari ini atau 3o day : untuk sebulan kedepan
- Klik OK
- Masukkan alamat teman yang akan kita kirim kalender
- Klik "SEND"
Kamis, 22 September 2011
Xin Qing Kai Lang
Resume Pert 2 - Ms.Outlook
Pengaturan tersebut adalah seperti menambah kontak kedalam kontak list outlook, membuat signature dalam gmail, dan memasang filter dalam gmail.
Langkah-langkah membuat signature :
Klik gambar gear dipojok kanan atas Pilih “mail setting”
Akan keluar halaman " GENERAL" seperti gambar berikut
Pada kolom signature masukan sign yang diinginkan
Klik "save changes"
Klik "save changes"
Langkah - langkah membuat filter :- Pilih label "Filters" untuk menampilkan halaman filter
- Pilih "Create filter"
- Akan muncul kolom dibagian atas "Choose search criteria specify the criteria you'd like to use for determining what to do with a message as it arrives.
- Use "Test Search" to see which messages would have have been filtered using these criteria. message in Spam and Trash will not be searched, Isi form dengan nama pengirim email
- Klik next
- Pilih tindakan yang diinginkan terhadap email tersebut
- Kemudian pilih "Created filter"
Resume pert 2 - Office Automation System
Sekilas Tentang Office Automation System (OAS).
Office automation system (OAS) terkadang disebut juga dengan Virtual Office (VO), ia merupakan usaha yang dilakukan untuk mengotomatisasi kegiatan yang ada di kantor. Tujuan akhir dari OAS ini adalah mengurangi penggunaan kertas (paperless), peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja. Untuk mencapai tujuan OAS digunakan penggabungan berbagai teknologi IT (teknologi komputer dan internet).
OAS dimulai tahun 1960-an, ketika IBM mulai memasarkan komputernya kemudian OAS mulai berkembang tahun 1970-an. OAS mencakup semua sistem komunikasi formal & informal dari orang didalam maupun diluar perusahaan. Secara garis besar OAS mencakup penggunaan :
- Komunikasi informasi
- Sistem elektronik (penggunaan komputer dan pelengkapnya)
- Penggunaan internet
Sebagai contoh negara yang telah memperoleh manfaat dari OAS adalah India. India telah membangun suatu jaringan komputer nasional yang murah, menghubungkan 430 distrik. Tersedianya jaringan ini memungkinkan proyek-proyek besar tentang piranti lunak dapat dikejakan bersama-sama dan diorganisasikan dengan menggunakan electronic mail dan pertukaran data. Dampak lainnya adalah perusahaan-perusahaan piranti lunak India saat ini juga melakukan pengambangan-pengambangan piranti lunak paket yang kemudian dipublikasikan oleh perusahaan-perusahaan Amerika.
Maknanya adalah salah satu komoditi India adalah piranti lunak tingkat dunia dan dikerjakan oleh orang-orang yang tidak saling ketemu secara fisik, geografis berjauhan tetapi pekerjaan tetap selesai dengan sinergis.
Beberapa OAS, antara lain:
1. Electronic Publishing system : Yang termasuk kedalam sistem ini adalah wordprocessing dan desktop publishing. Beberapa software Word Processing antara lain: Ms-Word, Corel, Word Perfect. Kegunaannya untuk membuat berbagai dokumen kantor, memo, mencetak dan menyimpannya bila diperlukan. Sedangkan softawre Desktop publisihing seperti: Adobe Pagemaker, Corel VENTURA, Microsoft Publisher digunakan untuk membuat surat kabar, brosur, majalah atau buku.
2. Electronic Communication system
Termasuk kedalam sistem komunikasi elektronik adalah:
1. E-mail,
2. Voice mail,
3. Sms (short message send melalui hp atau internet)
4. Facsimile
5. Videoconference
3. Electronic Collaboration system :
Elektronik kolaborasi sistem adalah sistem yang mendukung dan memungkinkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara orang-orang, proses proyek dan tim dalam organisasi dan untuk cross-organisasi digunakan secara signifikan berubah dibawah pengaruh teknologi Web 2.0 dan perangkat lunak sosial. Pasar kolaborasi elektronik terdiri dari berbagai sistem yang menawarkan berbagai macam fitur. Pendekatan klasifikasi disajikan yang mengklasifikasikan sistem kolaborasi elektronik dengan demikian struktur pasar kolaborasi beragam. Sistem kolaborasi dievaluasi dan dibandingkan dengan menggunakan seperangkat kriteria evaluasi yang memungkinkan untuk penilaian semua tugas kolaborasi utama. Jadi kelengkapan sistem serta fokus utama dari penerapan sistem kolaborasi individu ditentukan.
Sistem ini dibuat untuk menangani pekerjaan dalam bentuk tim yang dibatasi oleh jarak dan tersambung dalam satu jaringan. Pekerjaan tetap dapat dilakukan melalui:
1. Electronic meeting misal melalui: Yahoo messeger, Meebo
2. Collaborative work systems and
3. Teleconferencing
Para pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya tidak harus bertemu dan bertatap muka secara fisik. Beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan dengan Electronic Collaboration antara lain: update schedules and plans, cooperate on projects, and share information, discussion.
4. Image Processing system.
Pengolahan citra adalah setiap bentuk pengolahan sinyal dimana input adalah gambar, seperti foto atau video bingkai, sedangkan output dari pengolahan gambar dapat berupa gambar atau sejumlah karakteristik atau parameter yang berkaitan dengan gambar. Kebanyakan gambar-teknik pemrosesan melibatkan atau memperlakukan foto sebagai dimensi dua sinyal dan menerapkan standar-teknik pemrosesan sinyal untuk itu, biasanya hal tersebut mengacu pada pengolahan gambar digital,tetapi dapat juga digunakan untuk optik dan pengolahan gambar analog. Akuisisi gambar atau yang menghasilkan gambar input di tempat pertama disebut sebagai pencitraan.
Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini mempunyai ciri data masukan dan informasi keluaran yang berbentuk citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer. Dalam definisi yang lebih luas, pengolahan citra digital juga mencakup semua data dua dimensi. Citra digital adalah barisan bilangan nyata maupun kompleks yang diwakili oleh bit-bit tertentu.
Sistem ini ditujukan untuk mengkonversi teks, gambar dan photo ke komputer dalam bentuk digital. Bentuk digital ini dapat diedit, disimpan dan dicetak setiap saat sesui keinginan users. Termasuk kedalam sistem ini adalah: manajemen dokumen elektronik, grafik presentasi dan multimedia. Peralatan yang digunakan untuk membuat image processing antara lain:
1. scanners,
2. digital cameras,
3. video capture cards, or
4. Advanced graphic computers.
Dokumen-dokumen yang sering menggunakan ‘image processing” antara lain:
1. Document medical records
2. Dental records
3. Mortgage applications/permohonan obligasi.
Beberapa software yang beredar dipasaran antara lain: Microsoft Power Point, Lotus Freelance Graphics, and SPC Harvard Graphics.
Fungsi Pengolahan Citra ( Image Processing)
1. Pengolahan citra memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah digunakan sebagai proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau computer
2. Digunakan untuk Teknik pengolahan citra dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, contoh : pemampatan citra (image compression)
3. Sebagai proses awal (preprocessing) dari komputer visi.
Office Management system
Sistem ini digunakan untuk membuat, mengedit dan mengalokasikan berbagai aktivitas manajemen organisasi serta memindahkan kegiatan yang tadinya dilakukan secara manual menjadi kegiatan elektronik. Yang termasuk kedalam sistem ini antara lain: Pelengkap kantor elektronik, Jadwal Elektronik dan tugas-tagas manajemen, seperti:
1. Mengorganizing orang-orang
2. Menyajikan data dan daftar project
3. Penanggalan data bisnis
4. Pengaturan janji
5. Pengaturan catatan
6. Informasi contact client
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan OAS
Pada bagian di atas telah diinformasikan penggunaan OAS akan berdampak pada sharing berbagai peralatan dan software. Beberapa manfaat atau keuntungan yang akan didapat bila menggunakan OAS antara lain:
1. Pengurangan biaya software
2. Pengurangan biaya peralatan (printer, fax, scanner, media penyimpan,...)
3. Pengurangan penghentian kerja
4. Peningkatan kecepatan kerja (hemat waktu)
5. Peningkatan keamanan data sesuai level security
6. Peningkatan akurasi data
7. Kemudahan pengontrolan hasil kerja
8. Kemudahan akses informasi bagi pimpinan
9. Kemudahan akses bagi klien/pihak luar tentang informasi tertentu
Kelemahan:
1. Investasi lebih tinggi bila dibandingkan tidak menggunakan OAS
2. Peningkatan produktivitas kerja bagi pegawai yang skill dan daya saing perusahaan.
Disamping ada keuntungan penggunaan OAS, maka ada juga bebrapa kerugian penggunaan OAS antara lain:
1. Bagi pegawai yang unskill akan menimbulkan rasa takut kehilangan pekerjaan dan frustasi yang semakin tinggi bagi pegawai yang unskill.
2. Rasa tidak memiliki akan semakin tinggi, karena data semakin transparan terutama pada pimpinan yang lebih tinggi.
3. Hanya pegawai yang skill yang dapat bekerja pada kantor yang menggunakan OAS.
4. Investasi lebih rendah bila dibandingkan dengan kantor yang menggunakan OAS.
5. Strategi Penerapan OAS
Untuk menerapkan OAS ada beberapa strategi yang disarankan, antara lain:
1. Sediakan agen perubahan, dimana agen ini memiliki informasi yang lebih tentang OAS dan komputer
2. Sediakan berbagai sumber referensi tentang OAS, komputer dan internet.
3. Sediakan sumber daya komputer
4. Latih beberapa orang lainnya sebagai agen perubahan iklim kerja dari manual ke otomatis (menggunakan OAS)
5. Sediakan akses kesumber daya informasi yang ada (data, software dan hardware)
6. Sediakan perlengkapan non komputer
7. Gunakan berbagai fasilitas OAS secara perlahan-lahan.
Kesimpulan
Bagi perusahaan yang ingin menerapkan OAS hendaklah memperhatikan kemampuan SDM dan kemampuan keuangan perusahaan untuk menyediakan peralatan OAS. Penggunaan OAS untuk jangka panjang akan mendatangkan berbagai keuntungan serta meningkatkan pelayanan pada konsumen dan akhirnya akan meningkatkan daya saing perusahaan tersebut
Daftar Pustaka
2007. Slide Office Virtual, Gunadarma Univ.
Grantham, Lisa. 1995. Justifying office automation: 1995. MCB UP Ltd
Kallaus, Norman F and Keeling, B Lewis. 1987. Administrative Office Management. Ninth Edition. South-Western Publ. Co. Cincinati.
http://www.elektroindonesia.com/elektro/no7a.html http://www.elektroindonesia.com/elektro/no7a.html http://www.bookrags.com/Paperless_office http://jihanfaruqbamukrah.blogspot.com/2010/05/pengertian-pengolahan-citra-image.html http://ieeexplore.ieee.org/Xplore/login.jsp?url=http%3A%2F%2Fieeexplore.ieee.org%2Fiel5%2F5738444%2F5740398%2F05740455.pdf%3Farnumber%3D5740455&authDecision=-203 http://edohwulandari14.blogspot.com/2009/01/materi-office-automation-system.html diakses 21 september Erwin Sutomo Dosen Otomasi Perkantoran DIII Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan STIKOM
Kamis, 15 September 2011
Diskotek Redboxx Terbakar, 10 Tewas - SUARA MERDEKA CYBERNEWS
Rabu, 14 September 2011
Sahabat ^^
Resume pert 1 - Email
Resume pert 1 - Kelebihan dan kekurangan otomasi perkantoran
- Tidak berperasaan
- Membuat karyawan malas/bergantung kepada mesin dan teknologi ( Semangat rendah )
- Lowongan kerja semakin sedikit : Karena dengan menggunakan otomasi perkantoran maka pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia diganti dengan mesin karena itu banyak karyawan yang di PHK oleh perusahaan.
- Membutuhkan biaya yang cukup besar : Karena Otomasi perkantoran memerlukan peralatan yang digunakan untuk menjalankan aktifitas perusahaan oleh karena itu biaya untuk membeli peralatan tersebut harus dikeluarkan oleh perusahaan dan harganya mahal ditambah lagi mesin tersebut tidak dikerjakan mesin 100%, masih ada tenaga manusia sehingga perusahaan harus mengeluarkan dana yang cukup besar.
- Pengurangan jumlah karyawan : Karena adanya otomasi perkantoran maka perusahaan tersebut pasti mengurangi karyawan itu hal itu disebabkan oleh otomasi perkantoran pada umumnya menggunakan komputer dan peralatan mutakhir lainnya sehinnga pengaturanya tidak membutuhkan banyak karyawan melainkan tenaga manusia digunakan untuk menekan tombol penggerak saja.
- Flexibility : Pegawai dapat mengerjakan beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan banyak orang, yang juga berarti perusahaan tidak membutuhkan banyak pegawai.
- Resepsionis lebih banyak meluangkan waktu untuk melayani client
- Paperless : Tidak membutuhkan banyak kertas karena semua dilakukan secara digital.
- Menekan biaya fasilitas
- Menekan biaya peralatan
- Jaringan Komunikasi formal
- Menekan penghentian kerja
- Kontribusi sosial
- Pekerjaan lebih cepat
- Lebih mudah dalam hal pencarian kembali
- Gie, The Liang. 1992. Administrasi Perkantoran Modern., Yogyakarta: Liberty
- Haryadi, Hendi. 2009. Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf., Jakarta Selatan: Visi Mediahttp://fazaqy.wordpress.com/di akses 5 September 2009
- julio@bima.ipb.ac.id,OtomasiPerkantoran#1,http://student.ipb.ac.id/eLearning di akses 5 september 2009
- http://www.slideshare.net/yaqinov/07-manajemen-perkantoran-modern
Lowongan kerja 2011 - Jawa timur
- Berasal dari universitas ternama di Surabaya
- Pria / Wanita umur 20-28
- Ipk min 2,75
- Mampu berbahasa inggris
- Belum wisuda ( Prayudisium ) diperbolehkan
- Kristen-Katolik ( diutamakan )