Kamu tau?

Kamu tak kan tau rasanya karena kamu tidak ikut berada diposisi itu

Rabu, 14 September 2011

Resume pert 1 - Kelebihan dan kekurangan otomasi perkantoran

Otomasi perkantoran adalah semua system informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda didalam maupundi luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuahrencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan prosespelaksanaan pekerjaan
Dengan adanya perkantoran yang sifatnya otomasi sebenarnya dapat dilihat dari dua sisi, yaitu sisi yang menguntungkan dan merugikan.
Kekurangan perkantoran jika dijalankan secara otomasi adalah :
  1. Tidak berperasaan
  2. Membuat karyawan malas/bergantung kepada mesin dan teknologi ( Semangat rendah )
  3. Lowongan kerja semakin sedikit : Karena dengan menggunakan otomasi perkantoran maka pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia diganti dengan mesin karena itu banyak karyawan yang di PHK oleh perusahaan.
  4. Membutuhkan biaya yang cukup besar : Karena Otomasi perkantoran memerlukan peralatan yang digunakan untuk menjalankan aktifitas perusahaan oleh karena itu biaya untuk membeli peralatan tersebut harus dikeluarkan oleh perusahaan dan harganya mahal ditambah lagi mesin tersebut tidak dikerjakan mesin 100%, masih ada tenaga manusia sehingga perusahaan harus mengeluarkan dana yang cukup besar.
  5. Pengurangan jumlah karyawan : Karena adanya otomasi perkantoran maka perusahaan tersebut pasti mengurangi karyawan itu hal itu disebabkan oleh otomasi perkantoran pada umumnya menggunakan komputer dan peralatan mutakhir lainnya sehinnga pengaturanya tidak membutuhkan banyak karyawan melainkan tenaga manusia digunakan untuk menekan tombol penggerak saja.
  6. Flexibility : Pegawai dapat mengerjakan beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan banyak orang, yang juga berarti perusahaan tidak membutuhkan banyak pegawai.
  7. Resepsionis lebih banyak meluangkan waktu untuk melayani client
  8. Paperless : Tidak membutuhkan banyak kertas karena semua dilakukan secara digital.
Kerugian-kerugian tersebut adalah kerugian untuk pekerja, sedangkan bagi perusahaan tidak begitu berpengaruh.
Sementara kelebihan perkantoran adalah :
  1. Menekan biaya fasilitas
  2. Menekan biaya peralatan
  3. Jaringan Komunikasi formal
  4. Menekan penghentian kerja
  5. Kontribusi sosial
  6. Pekerjaan lebih cepat
  7. Lebih mudah dalam hal pencarian kembali
Keuntungan tersebut adalah keuntungan dari pihak perusahaan, hanya kontribusi sosial yang merupakan keuntungan bersama dengan pekerja.
Referensi :
  1. Gie, The Liang. 1992. Administrasi Perkantoran Modern., Yogyakarta: Liberty
  2. Haryadi, Hendi. 2009. Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf., Jakarta Selatan: Visi Mediahttp://fazaqy.wordpress.com/di akses 5 September 2009
  3. julio@bima.ipb.ac.id,OtomasiPerkantoran#1,http://student.ipb.ac.id/eLearning di akses 5 september 2009
  4. http://www.slideshare.net/yaqinov/07-manajemen-perkantoran-modern

4 komentar:

  1. thx yah :).. Ngebantu tugas PMB gw..haha

    BalasHapus
  2. Font nya terlalu kecil sebaiknya diperbesar agar mudah dibaca. terimakasih

    BalasHapus
  3. Kerugian-kerugian tersebut adalah kerugian untuk pekerja, sedangkan bagi perusahaan tidak begitu berpengaruh. ...........

    prtnyaanya ?
    kenapa pihak perusahaan tidak begitu berpengaruh dalam kerugian

    BalasHapus
  4. koe mari di PHK ya mbak ??

    BalasHapus